RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Sekolah : SD Negeri ………..
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : IV / I
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit ( 2 x pertemuan )
Waktu Pelaksanaan :
Standar Kompetensi : 2.Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
Kompetensi Dasar : 2.1. Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya.
2.2. Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya.
Indikator :
• Menyebutkan fungsi akar bagi tumbuhan
• Menyebutkan bagian-bagian akar dan fungsinya
• Menyebutkan jenis-jenis akar
• Menyebutkan perbedaan dan kesamaan struktur batang dikotil dan monokotil
• Mendemonstrasikan proses transportasi pada batang tumbuhan
• Menyebutkan fungsi struktur batang tumbuhan
• Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya
I. Tujuan Pembelajaran :
Dengan santun siswa dapat :
1. Menyebutkan fungsi akar bagi tumbuhan
2. Menyebutkan bagian-bagian akar dan fungsinya
3. Menyebutkan jenis-jenis akar
4. Menyebutkan perbedaan dan kesamaan struktur batang dikotil dan monokotil
5. Mendemonstrasikan proses transportasi pada batang tumbuhan
6. Menyebutkan fungsi struktur batang tumbuhan
7. Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya
II. Materi Pokok
Struktur akar,batang,dan fungsinya
III. Metode / Model Pembelajaran
Metode Pembelajaran : ceramah,tanya jawab,diskusi,demonstrasi,experimen
Model Pembelajaran : cooperative Learning
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan : I
Kegiatan Pembelajaran | Nilai Karakter |
A. Kegiatan awal : waktu 5 menit 1. Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam, do’a, dan memeriksa kehadiran siswa untuk siap belajar serta menyiapkan media dan sumber belajar. 2. Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai dalam pembelajaran. 3. Guru menbagi siswa menjadi beberapa kelompok. B. Kegiatan inti : waktu 50 menit 1. Eksplorasi (10 menit) a. Guru menyampaikan suatu pertanyaan tentang hubungan antara struktur akar tumbuhan dan fungsinyauntuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan dasar yang dimiliki siswa dari topik pembelajaran hari ini. Pertanyaan: - Apakah guna akar bagi tumbuhan? - Apa manfaat bentuk akar yang meruncing bagi tumbuhan iu? - Sebutkan bagian-bagian akar? Jawab : - Untuk menguatkan tanah, menyerap air dan zat hara dalam tanah. - Untuk membantu memeasukkan ke dalam tanah. - Tudung akar, bulu akar. 2. Elaborasi (20 menit) 1. Siswa diminta melakukan kegiatan untuk mengetahui bentuk dan kegunaan akar. 2. Siswa membandingkan bentuk akar tumbuhan yang ada. 3. Konfirmasi (20 menit) Setiap kelompok menyampaikan hasil kegiatan secara lisan di depan kelas, kelompok lainnya memberi tanggapan terhadap hasil praktik. C. KegiatanAkhir (15 menit) a. Guru melakukan refleksi 1. Inti dari hasil presentasi, siswa mengenal struktur akar tumbuhan dengan fungsinya. 2. Manfaat bagi siswa dalam mempelajari fungsi akar, siswa dapat mengenal jenis-jenis tumbuhan dan bentuk akar yang dimilikinya. 3. Guru melakukan tanya jawab dengan siswa. | • relegius • rasa ingin tahu • percaya diri • kerjasama, komunikatif |
Pertemuan : II
Kegiatan Pembelajaran | Nilai Karakter |
A. Kegiatan awal : waktu 5 menit a. Guru membuka pelajaran dengan salam, do’a, dan memeriksa kehadiran siswa, mengkondisikan siswa untuk siap belajar. b. Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai dalam pembelajaran. c. Guru menyiapkan media dan sumber belajar. B. Kegiatan inti : waktu 50 menit 1. Eksplorasi (10 menit) a. Guru menyampaikan suatu pertanyaan yang berhubungan dengan jenis-jenis batang untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan dasar yang dimiliki siswa dari topik pembelajaran hari ini . Pertanyaan: - Jenis batang tumbuhan apa sajakah yang kamu ketahui? - Pohon mangga tergolong jenis batang apa? Jawab: - Batang basah, batang berkayu, batang rumput. - Batang berkayu. 2. Elaborasi (20 menit) 1. Tiap kelompok menerima kartu permasalahan yang berbeda: a. Mengamati dan mengidentifikasikan bagian-bagian batang dan kegunaan batang bagi tumbuhan itu sendiri. b. Mengamati dan mengidentifikasi jenis batang tumbuhan. c. Siswa melakukan pengamatan langsung. 3. Konfirmasi (20 menit) 1. Membuat kesimpulan bersama. 2. Refleksi. - Dengan mempelajari materi ini siswa mengenal bagian-bagian batang dan fungsi batang tumbuhan. - Siswa menjawab pertanyaan lisan dalam bentuk uraian sebagai tes hasil belajar. | • relegius • rasa ingin tahu • percaya diri • kerjasama, komunikatif |
V. Alat dan Sumber Belajar
Alat Belajar : ,LCD,Laptop
Sumber Belajara : Buku IPA Kelas IV halaman ,Depdiknas ;
Buku IPA kelas IV halaman,Haryanto ,Erlangga ;
Buku-buku yang relevan.
VI. Penilaian
a. Proses
a.menilai keaktifan siswa dalam demonstrasi dan diskusi
b.menilai kegiatan siswa dalam mengerjaka LKS
b. Hasil
Hasil kerja LKS dan tugas individu
c. Karakter
• Rasa ingin tahu
• Percaya diri
• Kerjasama,komunikatif
EVALUASI
1. Sebutkan fungsi akar bagi tumbuhan
2. Sebutkan bagian-bagian akar dan fungsinya
3. Sebutkan 4 jenis-jenis akar
4. Sebutkan perbedaan dan kesamaan struktur batang dikotil dan monokotil
5. Sebutkan fungsi struktur batang tumbuhan
…………….., 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Nama Kepala Sekolah Nama Guru Mata Pelajaran
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar