Pembelajaran Interaktif: Allah itu Ada atau Wujud (Pendalaman) - Setelah pada postingan "Pembelajaran Interaktif untuk Anak: Bukti Allah itu Ada (Wujud)" anak disuguhi dengan bagaimana ia belajar memahami larutnya gula dalam air yang dikorelasikan dengan keimanan bahwa Allah itu Ada, maka sekarang tinggal pendalamannya. Sehingga anak akan semakin mantap dalam hidupnya. Karena bagaimanapun, aspek keimanan adalah aspek yang paling utama. Diharapkan dengan penyampaiannya yang menarik dan real, ketika anak sudah dewasa maka akan memahami dengan sendirinya dan bisa kuat dalam menjalankan keyakinannya. Baiklah di sini tidak akan panjang lebar, kita langsung saja bagaimana pendalamannya.
Aktivitas
Simulasi, tanya jawab, dan Sharing
Tujuan
Anak memahami tentang materi Allah itu wujud melalui pengamatan, tanya jawab, dan Sharing.
Media
Kamar dan Perlengkapannya
Prosedur
Orang tua meminta anak untuk masuk ke dalam kamarnya.
Pastikan bahwa anak telah melihat setiap barang yang ada di dalam kamarnya sengan teliti.
Setelah anak melihat sekeliling kamarnya, anak diminta untuk keluar kamar beberapa saat atau bawa anak ke ruang lain dan minta ia untuk tetap di ruangan tersebut hingga beberapa saat.
Kemudian, orang tua masuk ke dalam kamar anak dan memindahkan salah satu barang atau beberapa barang.
Biarkan anak untuk masuk kembali ke dalam kamarnya dan minta ia untuk melihat apa sajakah yang telah mengalami perubahan.
Setelah anak menyebutkan beberapa barang yang berubah, tanyakanlah beberapa pertanyaan untuk anak:
Orang tua meminta anak untuk membuat tulisan atau simpulan tentang materi Allah itu Wujud
Multiple Intelligence
Orang tua meminta anak untuk masuk ke dalam kamarnya.
Pastikan bahwa anak telah melihat setiap barang yang ada di dalam kamarnya sengan teliti.
Setelah anak melihat sekeliling kamarnya, anak diminta untuk keluar kamar beberapa saat atau bawa anak ke ruang lain dan minta ia untuk tetap di ruangan tersebut hingga beberapa saat.
Kemudian, orang tua masuk ke dalam kamar anak dan memindahkan salah satu barang atau beberapa barang.
Biarkan anak untuk masuk kembali ke dalam kamarnya dan minta ia untuk melihat apa sajakah yang telah mengalami perubahan.
Setelah anak menyebutkan beberapa barang yang berubah, tanyakanlah beberapa pertanyaan untuk anak:
- Mengapa barang tersebut bisa pindah tempat atau berubah?
- Apakah barang tersebut pindah sendiri?
- Apakah kamu melihat bahwa ada seseorang yang telah memindahkan barang tersebut?
- Mungkinkah barang tersebut pindah sendiri?
- Mengapa kamu begitu yakin bahwa ada seseorang yang memindahkan barang tersebut?
- Setelah anak menjawab semua pertanyaan tersebut, orang tua kemudian menjelaskan hikmah dari apa yang telah dilakukan anak.
Orang tua meminta anak untuk membuat tulisan atau simpulan tentang materi Allah itu Wujud
Multiple Intelligence
Dengan metode tersebut, minimal ada tiga kecerdasan anak yang dapat dikembangkan:
- Kecerdasan logis, spasial, dan kinestettik berkembang ketika simulasi
- Kecerdasan verbal, logis, spasial, interpersonal, dan intrapersonal berkembang ketika anak menjawab pertanyaan dan ketika sharing
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar