Pendidikan Interaktif: Bukti Allah Maha Esa - Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang dapat dan mudah dimengerti oleh peserta didik. Oleh karena itu, salah satu cara yang mungkin efektif dalam membelajarkan anak untuk mengenal Tuhan adalah dengan mengkorelasikan realitas kehidupan dengan Keagungan Tuhan. Pada postingan sebelumnya (baca: Pendidikan Interaktik: Bukti Allah itu Ada [Wujud]) telah dipaparkan sekelumit tentang bagaimana membelajarkan anak supaya mengerti dan mengetahui bahwa Allah itu wujud dengan dua macam realitas yang ada di sekitar kehidupan anak. Tujuannya agar anak bisa memahami dan menambah kepercayaan anak terhadap adanya Sang Pencipta. Dan sekarang akan dipaparkan, setelah anak sudah bisa memahami bahwa Allah itu wujud maka pembelajaran selanjutnya adalah memaparkan tentang Bukti Allah Maha Esa kepada anak. Langsung saja menuju ke TKP.
Aktivitas
Tanya jawab, diskusi, dan menyanyi
Tujuan
- Anak mengetahui bahwa Allah Maha Esa
- Anak menemukan bukti bahwa Allah memang Maha Esa sehingga iman yang dimiliki anak akan semakin kuat.
Media
Kendaraan untuk bepergian (motor, mobil atau perahu), kertas F4, pensil, pulpen, lagu “Tuhan saya satu” dan “Allah Tuhan saya”.
Prosedur
- Orang tua mengajak anaknya menaiki kendaraan. Dalam perjalanan, orang tua dapat memasukan materi Allah MAha Esa. Orang tua dapat meminta anaknya untuk mengamati sopir kendaraan yang sedang digunakan dan menanyakan kepadanya kemungkinan kendaraan ini dikendalikan dua orang atau lebih.
- Setelah mendengar jawaban dari anaknya, orang tua dapat menambahkan contoh-contoh lain, misalnya jika kereta api dikendalikan dua masinis adalah suatu hal yang tidak mungkin. Jika suatu kendaraan atau apapun dikendalikan oleh dua orang, akan timbul kekacauan karena keinginan dua orang tersebut tidak akan sama. Mungkin orang yang satu ingin ke kiri dan orang yang satunya lagi ingin ke kanan. Tuhan pun demikian, Allah hanya satu. Karena itulah alam ini bisa berjalan dengan teratur. Allah juga maha besar karena mampu membuat dan mengatur alam semesta ini sendirian (uraian dapat dikembangkan).
- Orang tua meminta anaknya untuk mencari contoh sebanyak-banyaknya tentang bukti bahwa Allah Maha Esa dan menuliskannya dalam kertas selama 10 menit.
- Setelah selesai, anak diminta menginformasikan hasil pencariannya. Orang tua dapat memberikan masukan, tambahan, pujian, dan saran kepada anak tentang informasinya.
- Orang tua memperdalam materi tentang Allah Maha Esa.
- Hasil pencarian anak dibingkai dengan bagus, diberi tanggal pembuatan, dan disimpan dalam ruangan hasil karya anak, lebih bagus jika disertai foto ketika anak sedang mengadakan pengamatannya.
- Selanjutnya, orang tua mengajak anaknya menyanyikan lagu “Tuhan saya Satu”.
Tuhan Saya Satu
(Irama: Topi Saya Bundar)
Tuhan saya satu
Satu Tuhan saya
Kalau tidak satu
Bukan Tuhan saya
Allah Tuhan Saya
(Irama: Topi Saya Bundar)
Allah Tuhan saya
Tuhan saya Allah
Kalau tidak Allah
Bukan Tuhan saya
Multiple Intelligence
Dengan metode tersebut, ada delapan kecerdasan anak yang dapat dikembangkan:
- Kecerdasan naturalis dan kinestetis berkembang ketika anak diajak mengamati kendaraan (misalnya, perahu di laut)
- Kecerdasan verbal, logis, spasial, interpersonal, dan intrapersonal berkembang ketika anak menjawab pertanyaan, menceritakan hasil pencarian, dan presentasi
- Kecerdasan musical berkembang ketika anak bernyanyi bersama.
Demikian sekelumit realitas yang dapat dipaparkan. Semoga anak-anak kita menjadi anak yang teguh imannya. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar